Wednesday, December 21, 2016

Surat Pengunduran Diri Yang Baik dan Benar Terbaru

Contoh surat penngunduran diri /  surat resign sangat dibutuhkan untuk karyawan yg akan keluar dari instansi  tempatnya bekerja. Contoh surat pengunduran diri ini perlu untuk karyawan agar mereka nggak perlu meminta contoh pada rekan kerja /  bahkan HRD dari instansi  tempatnya bekerja.

nggak enak /  malu mungkin menjadi alasan. Beragam alasan sehingga seseorang memutus berhenti kerja. Entah menempati  tempat yg lebih baik /  bahkan nggak sanggup lagi melanjutkan pekerjaannya di instansi  tersebut.

Nah, ketika  mengundurkan diri ini seorang karyawan perlu membuat pemberitahuan. Baik peberitahuan berupa lisan ataupun  berupa surat sbg bentuk resmi permohonan seorang karyawan berhenti kerja.

Selain itu, nggak mungkin juga dong Kamu mengundurkan diri tanpa sepucuk surat /  malah tanpa pemberitahuan sedikitpun. Bisa-bisa kamu kamu masuk dalam daftar nama buruk di instansi  / pun rekan kerja yg lain.

Nah, mengundurkan diri pun tentu ingin dg baik-baik bukan? Keluar dari instansi  ingin meninggalkan nama baik tentunya. oleh sebab itu, surat pengunduran diri pun perlu dibuat dg cara yg baik agar nggak meninggalkan nama buruk di instansi .

Sebelum melihat contoh surat pengunduran diri. Pahami  dulu tips cara menulis surat berhenti kerja ini!

Cara Menulis Surat Pengunduran Diri

1. Tahu apa yg nggak boleh ditulis di surat pengunduran diri

Jangan menuliskan sesuatu yg kasar, menghina, /  kejam. kamu  mungkin masih dapatkan berhubungan dg bos kamu  kemudian hari (kamu  mungkin akan bekerjasama dengannya lagi). Jadi lebih baik menulis sesuatu bernada menghargai dalam surat. Karena jika nggak begitu, kata-kata kamu yg buruk itu akan berbalik menghantui kamu .

Contoh yg nggak boleh ditulis: “Pak Budi, Aku  berhenti bekerja. Aku  benci bekerja di sini. kamu  orang bodoh & menjengkelkan. kamu  juga berutang pada Aku  sebanyak Rp 3.000.000 ketika  liburan lalu. kamu  memuakkan. -Jon. ”

Buat pernyataan yg pasti serta singkat.

Baris pertama surat pemberitahuan kamu  mesti menyebutkan dg terang kalau kamu  bakal mengundurkan diri dari posisi kamu  pada akhir periode dua minggu. Janganlah memakai kalimat yg bisa berikan kesan kalau kamu  bersedia untuk tinggal lebih lama /  merubah fikiran dg penawaran yg pas.

Contoh yg baik : ” Surat ini adalah pemberitahuan resmi pengunduran diri Aku  dari nama instansi  sbg nama pekerjaan, efisien pada tanggal pengunduran diri. “
Contoh yg baik : ” dg adanya ini Aku  mengundurkan diri sbg nama pekerjaan di nama instansi , efektif tanggal pengunduran diri, dua minggu dari tanggal hari ini.
Contoh tak baik : ” Aku  punya niat berhenti dari posisi Aku  sbg nama pekerjaan. Mohon beritahu Aku  kapan kerangka waktu yg paling cocok untuk kamu . “
Contoh tak baik : ” Jika semua jalan sesuai harapan, Aku  punya niat mengundurkan diri dari posisi Aku  di instansi  ini dua minggu dari ketika  ini. “
Jauhi menyebutkan argumen di balik pengunduran diri kamu

Ini khususnya terutama apabila argumen kamu  agak punya masalah, namun walau kamu  menginginkan meninggalkan instansi  dg baik-baik, kamu  tetaplah mesti hindari menyebutkan argumen itu dalam surat pengunduran diri resmi.

loading...
Tetapi, kamu  mesti menyebutkan argumen ini apabila disuruh dg cara segera untuk mencantumkannya.
kamu  harus juga mempersiapkan satu argumen untuk diberitahukan pada penyelia serta rekanan kerja yg tentu ajukan pertanyaan kenapa kamu  merencanakan keluar. Argumen ini tak perlu dimasukkan dalam surat resmi, namun tetaplah bermanfaat untuk disediakan ketika  kamu  di tanya dg cara pribadi.
Berlaku resmi sekaligus ramah

Nada keseluruhan dalam surat pemberitahuan kamu  mesti profesional, namun tidaklah terlalu profesional hingga kamu  bakal berkesan dingin /  kaku. Umumnya, kamu  mesti menulis surat memakai suara nada paling ramah yg pernah kamu  pakai dg atasan kamu .

Apabila komunikasi kamu  dg atasan senantiasa ikuti susunan profesional yg kaku, jadi ikuti suara itu dalam pemberitahuan kamu . Di segi lain, bila kamu  berkomunikasi dg atasan dalam langkah yg lebih personal, janganlah takut memakai suara yg lebih personal. Suara personal masihlah layak sekamu inya tak enjoy serta sembrono.

Contoh yg baik : “Aku  begitu berterimakasih atas pengalaman serta perubahan yg telah diberikan pada Aku  sepanjang bekerja dg kamu . ”
Contoh tak baik : “Aku  dg cara resmi menyebutkan, untuk dicatat, kalau Aku  selalu menjunjung penghormatan yg tinggi pada instansi  ABC serta tak mempunyai kemauan jelek pada atasan /  rekanan kerja mana juga di instansi  ini. ”
Contoh tak baik : “Terimakasih tuk semuanya! ”
2. Bersikap ramah & menghargai.
Jika kamu  baik dg atasan kamu . nggak perlu menjadi kaku jika kamu  & atasan kamu  memanggil satu sama lain nama. Katakan jika pengunduran diri kamu  adalah untuk kebaikan. Kadang-kadang, instansi  akan menawarkan sesuatu yg menguntungkan pada karyawan yg akan mengundurkan diri. & jika kamu  yakin kamu  ingin keluar dari instansi , pastikan kamu  memberikan penjelasan yg tepat.

3. Menunjukkan penghargaan untuk instansi .
Bahkan jika kamu  benci pekerjaan kamu , cobalah untuk menemukan suatupujian yg dapat disebutkan. Sesuatu seperti “Aku  merasa sudah belajar sesuatu yg hebat tentang dunia sales  di instansi  ini”.

Berterimakasih pada atasan kamu

Masukan satu /  dua kalimat terimakasih pada atasan lantaran berikan peluang serta pengalaman bekerja di instansi  itu. Tiap-tiap pekerjaan berperan pada hidup seorang, bahkan juga jika yg kontra jauh semakin besar dari pada pro.

Apabila pengalaman bekerja kamu  umumnya positif, yakinkan rasa terimakasih kamu  diperlihatkan. Tuliskan suatu hal seperti kalimat tersebut, “Aku  bahkan juga tak dapat mengatakan terimakasih yg cukup untuk tiga th. paling akhir ini. Aku  belajar semakin banyak dari yg Aku  berharap serta Aku  begitu menghormati kebaikan serta kesabaran kamu . “
Apabila pengalaman bekerja kamu  umumnya negatif, berikanlah sinyal terimakasih yg umum. Cobalah suatu hal seperti kalimat tersebut, “Aku  juga menginginkan berterimakasih pada kamu  lantaran berikan Aku  pengalaman sepanjang tiga th. paling akhir ini. ”
4. Ingatkan mereka lagi tentang prestasi kamu .
nggak membual, tapi disebutkan beberapa proyek-proyek yg sedang kamu  kerjakan & bagaimana kamu  merasa bangga. Hal ini penting karena surat pengunduran diri kamu  akan terlupakan bersama dg semua hal negatif yg mungkin ada pada diri kamu  di instansi . Menyebutkan prestasi kamu  akan membantu kamu  ketika kamu  melamar pekerjaan di instansi  lain.

Katakan jika kamu  bersyukur memiliki kesempatan untuk bekerja di instansi  ini & kamu  sungguh-sungguh menghargai orang-orang yg bekerja di sini (termasuk bos kamu ). kamu  dapat mengucapkan terima kasih pada bos kamu  langsung & menyebutkan nama orang-orang di instansi  sbg penghargaan.

5. Bawalah surat pengunduran diri ketika  bertemu atasan
kamu  jangan mengirim surat lewat email karena dianggap nggak profesional. Cetaklah surat & berikan pada bos kamu  ketika bertemu dengannya untuk membahas pengunduran diri kamu .

Antar surat pengunduran diri kamu  segera pada atasan
Langkah yg paling profesional yaitu menyerahkan surat pengunduran diri pada atasan pertama kalinya serta secara pribadi.
Umumnya kamu  mesti menjadwalkan pertemuan, namun apabila kamu  bekerja di instansi  kecil serta mempunyai jalinan dekat dg atasan, kamu  mungkin saja dapat datang ke kantor beliau tanpa ada pemberitahuan.
Tutup pintu di belakang kamu  ketika  masuk untuk melindungi supaya perbincangan privat.
Serahkan surat pengunduran diri pada atasan serta terangkan, ketika  kamu  menyerahkannya, surat apakah itu.
Peluang atasan bakal mengulas kondisi itu dg kamu . Meskipun surat itu telah menjawab pertanyaan yg diserahkan pada kamu , jawab tiap-tiap pertanyaan dg komplit.
Katakan terimakasih ketika  kamu  meninggalkan ruang serta berjabat tangan.
Berusaha keras hingga akhir

Apabila kamu  disuruh untuk merampungkan proyek-proyek besar sebelumnya keluar ketika  kamu  menuliskan surat, kamu  mesti mematuhi serta merampungkan proyek-proyek itu.
Meskipun kamu  tak bikin janji apapun, kamu  tak dapat bermalas-malasan sepanjang dua minggu paling akhir ketika  kerja kamu . Transisi itu bakal susah untuk kebanyakan orang, serta adalah pekerjaan profesional kamu  untuk bikin transisi itu selancar mungkin saja untuk atasan yg kamu  tinggalkan.
Di segi lain, apabila kamu  mengira instansi  memperlakukan kamu  dg tak adil lantaran kamu  telah menginformasikan pengunduran diri, janganlah dibiarkan mereka memakai kamu  /  bikin kamu  hilang ingatan dg jumlah kerja penambahan yg nggak manusiawi.
Lebih lengkapnya: Format menulis surat pengunduran diri

contoh surat pengunduran diri
Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja 1
Jakarta, xx November 20xx

Kepada,

Kepala. HRD PT ABC



dg Hormat,

Melalui surat ini Aku  selaku karyawan PT ABC berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama ( SKB) tentang kekaryawanan & Undang–Undang tenaga kerja maka Aku  yg bertanda  tangan dibawah ini.

Nama : …..……
Departemen : ……….
Jabatan : …….. ..
No Karyawan : ………

Mengajukan pengunduran diri dari PT ABC dg alasan (sebutkan alasan pengundurkan diri dari instansi ). Aku  harap instansi  dapat memahami kondisi Aku  & memberikan hak-hak sesuai ketentuan yg berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini. Atas bantuan & dukungan yg telah diberikan selama ini, Aku  ucapkan terima kasih.

Hormat Aku ,                                                                                                                                    Jakarta, xx November 20xx

(……………………)

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja 2
Batam, 07 Juli 2015

Kepada,

HRD PT. Ghimli Indonesia

dg Hormat,

Aku  selaku karyawan PT. ZZZ berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama ( SKB) tentang kekaryawanan & Undang
– Undang tenaga kerja. Aku  yg bertanda  tangan dibawah ini.

Nama : ZZZX

Jabatan : ZZZX

No Karyawan : ZZZX

Mengajukan pengunduran diri dari ZZZ dg alasan Sakit. Surat ini Aku  buat sesuai prosedur hubungan industrial & tanpa motivasi negatif. Aku  berharap instansi  dapat memahami kondisi Aku  & memberikan hak-hak sesuai ketentuan yg berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini Aku  buat. Atas bantuan & dukungan yg telah instansi  berikan selama ini, Aku  ucapkan terima kasih.

Hormat Aku ,                                                                                                                                         Jakarta, 18 Desember 2015



(ZZZZZZX)

Contoh Surat Pengunduran Diri 3
__________, ___ __________ ___________
Kepada,
Kepala Departemen HRD PT. _______________
__________________
__________________
_________________

Perihal: Pengunduran Diri



dg hormat,
Aku  yg bertkamu  tangan di bawah ini:

Nama : _______________________
No. KTP : _______________________
Alamat : _______________________
No. Induk Karyawan : _______________________
Jabatan : _______________________
Departemen : _______________________

dg ini mengajukan pengunduran diri sbg Karyawan PT. _________. Pengunduran diri ini Aku  ajukan karena __________________________. Pengunduran diri ini mulai berlaku sejak tanggal ditkamu tanganinya surat ini.

Aku  mengucapkan terima kasih atas kesempatan & kepercayaan yg diberikan PT. _______________ kepada Aku  selama ini untuk menjadi bagian dari keluarga besar PT. ______________ sbg Karyawan Tetap pada Departemen _______ dg jabatan ________________. Aku  yakin bahwa kesempatan yg diberikan oleh PT. ________________ tersebut merupakan pengalaman kerja yg berharga untuk pengembangan karir & masa depan Aku  selanjutnya.

Demikian Surat Pengunduran Diri ini Aku  ajukan. Terima kasih atas perhatian & kerja sama instansi .

Homat Aku ,



________________

No comments:

Post a Comment